jump to navigation

FaceBook Why Not? 4 Januari 2009

Posted by isaninside in Opini.
Tags:
trackback

facebookFaceBook? why not? yah ini lah salah satu layanan yang sekarang saya gemari.. mungkin ini sudah lama dikenal dan dilakukan oleh para maniak “pertemanan dunia maya”. Bagi saya ini termasuk barang baru..maklum agak “cupu” dikit.. hehehehe, ya ga juga seh kan hobi saya lagi ngeblog dan nulis di blog ini..

Mari kita ulas FaceBook ini (just my Opinion).

Facebook merupakan salah satu layanan pertemanan di dunia maya, seperti Friendster yang lebih dulu familiar. Saya mengenal FS sejak tahun 2005, dan diperkanalkan oleh seorang  teman SMA. Nah belakangan saya mendengar nama Facebook di pada september 2008 (udah ketinggalan banget y :)) ). Itupun saya dengar dari mulut seorang ahli IT Indonesia Mr. Onno W. Purbo. Waktu itu saya sempat mengantar Pak Onno ke Pariaman, setelah menjadi salah seorang pemateri di Seminar Nasional IT Based Education yang diadakan HMJ Elka FT UNP. Dari pembicaraan tersebut saya mulai tertarik dengan yang namanya “FACEBOOK”. Setelah tanya ama ce Saya (love U), ternyata itu sudah lama dkenalnya. Wah malu banget, tapi ga juga seh, buat nyari ilmu ngapain mesti malu.

Setelah saya dalemin dikit, wah ternayata emang ok banget. sangat berbeda dengan FS. Facebook menyediakan layanan pencarian teman yang lebih fleksibel. Dalam meng- ADD, kita tidak harus mengetahui alamt email ataupun nama belakang seperti layaknya FS. Untuk tampilan profil, terdapat beberapa bagian yaitu : Wall (dinding), Info dan Foto, selain optimalisasi dan penambahan setelahnya. Untuk tampilan Profil awal, kita akan melihat halaman “dinding /Wall” Halaman ini bekerja layaknya sebuah Blog Mini. Halaman ini dapat menerima tulisan teman (friend) kita. Selain ntu, setiap tulisan yang diposting, akan muncul dihalaman dinding ini. berbeda dengan FS. Untuk mengetahui ID pemilik FS, cukup kita mengklik halaman Info. Pada halaman ini terdapat identitas pribadi yang diterakan pemilik FB tersebut. Perlu digaris bawahi, Facebook tidak mengenal penggunaan Template atau Tema sehingga tampilan cenderung sama untuk semua pengguna Facebook. Kelebihan terletak pada konten dan fleksibelitas isi facebook yang kita bangun.

Salah satu kelebihan Facebook yang pernah saya lakukan adalah mengimpor RSS Feed. Layanan RSS Feed saya terapkan dengan mengimpor RSS Feed Blog saya ini (Coba Kunjungi Facebook dan Klik email : rskisn@yahoo.co). Hal ini dapat membuat teman-teman Facebook kita  mengunjungi dan melihat Blog personal yang kita bangun (like Promosi gitu🙂 )

Tulisan ini bukan perbandingan yang melemahkan friendster. Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi gunakan kedua layanan tersebut sangat menarik dalam berbagi ilmu dan informasi.

Bagi kebanyakan negara besar seperti Amrik, Inggris dan Selandia Baru lebih banyak menggunakan Facebook dibandingakan dengan Friendster. Friendster lebih terkenal dan banyak digunakan oleh penduduk Asia. Informasi ini saya dapat setelah menelusuri ekstensi Facebook dibandingkan dengan Friendster di mbah gugel.

Nah bagi rekan-rekan yang memiliki FaceBook, silahkan kunjungi Facebook saya dengan alamat email rskisn@yahoo.com.

Komentar»

1. yona - 5 Januari 2009

hahahahaha…
yo lawak ma san
lebih up 2 date risak dari isan kironx
tapi manga lo malu ndak san??? (stuju na tu)

btw ‘rskisn’ itu a??
beras miskin yo??

isaninside - 5 Januari 2009

to yona

Iyolah, ndak mesti malu yona…. thx udh berkunjung

2. riska - 6 Januari 2009

lebih bagusan mana tau langsung diexplore atau sekedar tau aja?
what u have done…tau trus langsung di explore dan disharing….
jd ga ada unsur malu2in na sama sekali, bagus malah…hehehe tull?

lv u ^_*

isaninside - 7 Januari 2009

Riska Irma Septiani, tau sekedar dulu dan tau lebih dalam selanjutnya. sebagai batu loncatan juga sangat berguna hn…


Tinggalkan Balasan

