obamaWASHINGTON, SELASA — Presiden AS terpilih, Barack Obama, Selasa (6/1) waktu AS (Rabu WIB), mengutarakan keprihatinannya yang mendalam pada pertempuran yang berkecamuk di Jalur Gaza.

Ia berjanji akan bekerja efektif dalam menyelesaikan konflik di Timur Tengah itu segera setelah dia resmi menjabat Presiden AS bulan ini.

“Guna memulai awal pemerintahan, kami akan berupaya efektif dan konsisten mencoba menyelesaikan konflik-konflik yang muncul di Timur Tengah,” kata Obama seperti dilansir DPA.

Obama, yang terus berbungkam diri atas pertempuran yang dimulai sejak 27 Desember tatkala Israel melancarkan serangan besar-besaran ke Gaza untuk menghadapi serangan roket Hamas, tidak ingin menggerogoti kebijakan pemerintahan Bush.

“Presiden George Bush sebagai Presiden Amerika Serikat berbicara atas nama Pemerintah AS dan rakyat Amerika saat menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan internasional,” kata Obama yang akan dilantik 20 Januari ini.

Obama mengatakan, dia telah di-briefing (oleh para stafnya) mengenai pertempuran di Gaza dan mengawasi perkembangannya setiap hari. “Tegasnya, saya sangat memprihatinkan konflik yang berlaku di wilayah itu,” kata Obama.

Sumber : http://ononihataro.wordpress.com