jump to navigation

Pertolongan Pertama Modifikasi Blog WordPress 14 Januari 2009

Posted by isaninside in Tips & Trik, Wp Trial.
Tags:
trackback

Pertolongan Pertama Modifikasi Blog WordPress (PPMBW).. heheh lucu juga

isaninside-new2Tulisan ini berisi Quick Tutor awal dalam mengkreasikan Weblog WordPress. Tulisan ini ditujukan kepada pengguna baru blog wordpress yang menggunakan account free dari wordpress. Silhkan di baca dan praktekkan pada blog yang anda kelola. Tutorial  tersebut dapat dilihat pada paragraf berikut ini.

Prakata

Bagi para pengguna wordpress yang baru (awam) melihat halaman admin blog sangatlah memusingkan, terlebih lagi banyak tools yang dapat diklik tanpa diketahui fungsi masing-masing tool tersebut. Dan bahkan ada beberapa pengguna belum tau cara masuk ke halaman admin weblog yang mereka bangun.

Untuk menyiasati kejadian ini, saya berusaha menulis beberapa langkah awal yang mungkin dapat diterapkan dalam memodifikasi blog yang anda bangun. Modifikasi yang dilakukan adalah memanfaatkan fasilitas layanan wordpress,  menyusun tampilan widget, semudah mungkin. Adapun tutor cepat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Bagi yang belum tau login ke halaman admin, caranya : buka alamat blog anda seperti “http://namauser.wordpress.com” maka akan muncul tampilan Blog anda. Selanjutnya, ketikkanlah “wp-admin” dibagian akhir alamat blog tersebut pada address browser anda, maka akan menjadi “http://namauser.wordpress.com/wp-admin“, tekan enter untuk melanjutkan. Maka akan muncul jendela yang meminta username dan Password anda.  Silahkan Inputkan.
  2. Modifikasi 1 : Lakukan pergantian tema blog anda, jika tema standar tidak anda sukai, caranya: Tampilan (Appearance) > Tema (themes). Maka akan muncul jendela pilihan tema. Pilihlah tema yang memiliki penjelasan “Custom Header” pada bagian “Tag” nya. Tujuan Costum header adalah untuk memodifiksi tampilan header blog. Header dapat anda desain sendiri dengan menggunakan aplikasi Desain Grafis spt : Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Paint, etc. Ingat! supaya sinkron(sesuai dengan header) buatlah desain yang memiliki ukuran sama atau sesuai dengan permintaan Tema. Cara melihat dan menggantinya, kunjungi :  Tampilan > Current Theme Option. Setelah selesai di desain, upload gambar tersebut dan simpan alamat URL-nya dgn meng-copy-nya. Setelah alamat URL di dapat, Buka kembali : Tampilan > Current Theme Option, lalu pastekan alamat URL tsb di box “Header Image Url“. Lakukanlah penyimpanan, dan lihat hasilnya.
  3. Modifikasi 2 : tambahkanlah widget pada blog tersebut. Caranya : Tampilan > Widget. Maka akan muncul jendela penambahan widget. Semua widget dapat dimanfaatkan asalkan anda tau dengan fungsinya. Untuk tahap awal , tambahkan Widget Kalender, Widget Taut, Statistik Blog, Tulisan Teratas, Komentar, Text dsg. Penyusunan dapat dilakukan dengan mendrag kotak “biru” judul widget dan menggeserkannya ke posisi yang anda inginkan. Jangan Lupa disimpan.
  4. Modifikasi 3 : Tambahkan halaman-halaman. Caranya Pilih : Halaman > Tambahkan Baru. Salah satu contoh halaman yang akan ditambahkan adalah HALAMAN TENTANG pemilik blog. Bikin Judulnya seperti “About me, Tentang saya, Pemilik Blog, Admin dan etc” sesuai dengan keinginan anda. Tulislah deskripsi blog dan id pengelola blog tersebut. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti. Selanjutnya tambahkan halaman lain yang mungkin anda sukai. Jangan lupa di simpan!
  5. Modifikasi 4 : Lakukan pembuatan Gravatar,  sebagai image pengguna (admin/user). Caranya : Pengguna > Profil Anda. Maka akan muncul jendela Identitas pengguna. Gravatar terletak di bagian kanan jendela. Upload foto yang akan digunakan sebagai Gravatar anda. Jendela ini juga berfungsi untuk mengatur ID pengguna, seperti Nama,  Bahasa yang digunakan, tampilan nama, email yang digunakan, serta alamat Webblog anda. Selain itu, penggantian password juga dilakukan di halaman ini. Jangan lupa disimpan!
  6. Modifikasi 5: Ganti Judul Blog, Slogan, dan Blog Picture. Caranya : Pengaturan > Umum. Upload Foto atau Gambar yang akan dijadikan gambar Blog (yang tampil sebagai icon blog). Selanjutnya ganti Judul Blog, dan slogan dengan kalimat yang memotivasi diri anda. Lakukan pada jendela ini.. Simpan!

6 poin di atas dapat dilakukan sebagai langkah awal modifikasi blog anda.  Untuk pengembangan, nantinya anda dapat memperdalam ilmu dengan bertanya, membrowser di gugel, dan bahkan bertanya di forum wordpress yang tersedia. Bagi yang ingin sharing, dapat berdiskusi di halaman Sharing dan Tamu Blog ini. Kalau ada kekurangan silahkan diperbaiki dan bahkan bisa didiskusikan.. Mohon maaf atas kekurangan. Semoga bermanfaat, wassalam (isaninside2009).

Komentar»

1. yatinem - 15 Januari 2009

trima kasih yaaa. atas bimbingannya … jadi agak byarrr ini kepala eee.. ternyata tak sesulit yang saya bayangkan… mencoba… baca…dan mencoba terus

2. Panca - 19 Januari 2009

ga minat self-hosted pake wordpress.org san?😀

isaninside - 19 Januari 2009

To : Panca

Berminat banget…. tapi belum nemu cara dan tempat hosting yang bagus… klo bisa seh free dulu…bisa bantu?

3. Panca - 20 Januari 2009

Kalo mau hosting free bisa liat di http://totalcc.co.cc/. Disitu ntar juga ada link buat dapetin domain co [dot] cc gratis (sebenarnya itu subdomain si, ntar baca disono).

Kalau mau paket yang murah dan cara bayarnya gampang pake hosting lokal aj kayak qwords atau idwebhost atau indobizweb. Hargany murah, bahkan ada yang Rp 1000 per bulan untuk hosting. Lo tinggal pilih aj. Salah satu blog gw, thepanca.com pake hosting lokal jg.

Tp sebenernya hostingan di luar negeri lebih murah kalo diliat dari diskspace sm bandwidth-nya. Kalo mau liat panduan yg diluar liat aj di webhostingpal [dot] com

4. Panca - 21 Januari 2009

Kalo mau hosting free bisa liat di totalcc dot co dot cc. Disitu ntar juga ada link buat dapetin domain co dot cc gratis (sebenarnya co dot cc itu subdomain si, ntar baca disono).

Kalau mau paket yang murah dan cara bayarnya gampang pake hosting lokal aj kayak qwords atau idwebhost atau indobizweb. Hargany murah, bahkan ada yang Rp 1000 per bulan untuk hosting. Lo tinggal pilih aj. Salah satu blog gw, thepanca.com pake hosting lokal jg.

Tp sebenernya hostingan di luar negeri lebih murah kalo diliat dari diskspace sm bandwidth-nya. Kalo mau liat panduan ringkas yg diluar liat aj di webhostingpal dot com

isaninside - 22 Januari 2009

To : Panca

udh dicoba, sekrang sedang nunggu aktifasi account 2 x 24 jam… alamatnya http://isaninside.co.cc… thx buat infonya… mungkin cms yang digunakan masih wordpress… iy thx benget, mungkin pake yang free aj dulu… lain kali bisa blajar yang berbayar…. ntar saya tanya lagi, ke blog panca.. ok..

5. gazerocks - 25 Februari 2009

makasih atas bimbingannya,, artikelnya sangat membantu.. n_n

6. Herlambang - 27 Februari 2009

DNS servers
ns1.byet.org [209.190.16.82]
ns1.totalcc.co.cc [209.190.16.82]
ns2.byet.org [209.190.16.83]
ns2.totalcc.co.cc [72.36.219.162]
ns3.byet.org [209.190.16.84]
ns4.byet.org [72.36.219.162]
ns5.byet.org [209.190.16.86]

Answer records
totalcc.co.cc 1 SOA
server: ns1.totalcc.co.cc
email: support@totalcc.co.cc
serial: 2006112402
refresh: 28800
retry: 7200
expire: 604800
minimum ttl: 86400
86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns1.byet.org 86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns1.totalcc.co.cc 86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns2.byet.org 86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns2.totalcc.co.cc 86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns3.byet.org 86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns4.byet.org 86400s
totalcc.co.cc 1 NS ns5.byet.org 86400s
totalcc.co.cc 1 A 209.190.24.5 86400s
totalcc.co.cc 1 MX
preference: 5
exchange: mail.totalcc.co.cc
86400s

Authority records

Additional records
ns1.byet.org 1 A 209.190.16.82 86400s
ns1.totalcc.co.cc 1 A 209.190.16.82 86400s
ns2.byet.org 1 A 209.190.16.83 86400s
ns2.totalcc.co.cc 1 A 72.36.219.162 86400s
ns3.byet.org 1 A 209.190.16.84 86400s
ns4.byet.org 1 A 72.36.219.162 86400s
ns5.byet.org 1 A 209.190.16.86 86400s
mail.totalcc.co.cc 1 A 209.190.85.36 86400s

7. Herlambang - 27 Februari 2009

Sory belon selesai nulis dah kepencet…🙂

itu maksudnya totalcc.co.cc adalah salah satu hostingan gratis dari clustered server byethost.org

ciri-ciri dari hosting gratis yang anaknya byethost.org adalah kalau menggunakan vistapanel sebagai control panelnya.

setelah di tracing, ternyata banyak banget yang anaknya byethost.org

bagus juga servernya byethost.. bahkan disana kalau kita ingin membuat layanan hosting sendiri telah di sediakan fasilitasnya dengan biaya yang sangat murah, bahkan bila ada yang upgrade kita bisa kebagian dolar dengan sistem bagi hasil.🙂

nah, yang punya totalcc.co.cc adalah orang indonesia..:)

tertarik?

silakan di coba… ntar kalo di indonesia dah banyak yang nyediain hostingn gratis, saya tak ikutan numpang gratisannya deh.. yang penting ga da iklannya.🙂

8. kerlipmelati - 5 Maret 2009

makasi banyak…..ngebantu banget nih..biar WP saia gak cupu2 amat..sukses kk…

9. kulup1 - 15 Mei 2009

gw mhs upi.blh gbung kn?almt ym kl ada yo.tq

isaninside - 15 Mei 2009

To : Kulup1

oh, iya… salam kenal.. boleh ad.. ID yam saya rskisn… add aj.. oiya sekarang saya aktif di http://isaninside.net.. kunjungi .net aj slanjutnya.. ok..

10. artesiana - 10 Juni 2009

makasih ya mas

isaninside - 10 Juni 2009

To : artesiana

Sama2… thx buat kunjungannya..

11. rungsing - 30 Oktober 2009

thanks info nya yach,..
http://rungsing.wordpress.com

12. Memulai Blog Di WordPress.com « belajar bersama - 1 Desember 2009

[…] Pertolongan Pertama Modifikasi Blog WordPress « Muhammad Ihsan Zul personal blog Tinggalkan sebuah Komentar […]

13. diofani - 13 Desember 2009

masih pusing dah ttg worpress..
bantuannya yah..

14. ghanx - 26 Januari 2010

mas, cara ngehapus halaman beranda gimana, saya kan buat lgi halaman home?bisa di hapus g?tolong dibalas mas …sya baru di wordpress…terima kasih…

isaninside - 28 Januari 2010

to: ghanx

Kalo setau saya halaman beranda kaga bisa dihapus mas.. karena itu halaman dinamsi dari sebuah blog yang wajib ada. dan itu langsung dibikin oleh wordpress.. kalo mas bikin baru, itu berjenis halaman itu

15. misbha - 26 Juli 2010

Thank’s Banget Infonya…

16. Haeril Halim - 6 Agustus 2010

MAKASIH ARTIKELNYA SANGAT BERMANFAAT..

17. anterjaldi - 22 Oktober 2010

thanks alot

18. iamsevent - 3 Desember 2010

Susah Di Modif Klo CMS WordPress Kurang Bebas Ga Kaya Blogger Coba Liat Modifan ku http://iam.2yoemt.co.cc
Atau Kalo Mau Yang Lebih OKe Pake WordPress.org Cari Hosting Gratisan dan Hasilnya Wahhhh
http://belajar.iblogger.org

isaninside - 17 Januari 2011

to : iamsevent

Coba cek ke http://isaninside.net mas, Salam kenal

19. saifuddinzuhri82 - 7 April 2011

Mas.. ane baru di dunia compie n gi nyubo buat blog pake WP, pi masih bingung cara memodifikasi n masukin widget kaya’ jumlah pengunjung, buat kategori, buat menu hierarki, masukin kolom iklan, dll…
mohon bantuan n sarannya mas…..!
ni link ane :
http://azzuhricybercity.wordpress.com
saifuddin.zuhri82@gmail.com
dutacakrawala@ymail.com

20. mustaphaawan - 4 Juni 2011

thanks infonya, baru gabung di wordpress soalnya

21. iputuagusm - 26 Juni 2011

Thank’s atas semua infonya. Sangat berguna sekali bagi saya yang baru belajar tentang wordpress.

Ditunggu info-infonya yang lain.
Sukses selalu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: