jump to navigation

Self Hosting? Sukses Juga Akhirnya 28 Januari 2009

Posted by isaninside in Berita, Opini, Wp Trial.
Tags:
trackback

screenshotAlahmdulilah, inilah kata pertama yang saya ucapkan setelah berhasil meng-hosting sebuah blog wordpress. Hosting maksudnya di sini  adalah dengan menggunakan rumah hosting selain wordpress. Saya berhasil membangun sebuah blog baru dengan alamat : http://isanrsk.co.cc . ada dua layanan yang saya gunakan dalam menghosting blog tersebut. yang pertama adalah layanan http://co.cc sebagai pembuat domain dan http://000webhost.com sebagai layanan penyedia dns server dan hosting data.

Dalam melakukan hosting, saya mengalami banyak rintangan. Dan alhamdulillah semua rintangan tersebut dapat saya lalui. Waktu yang dibuthkan pun juga lama, sekitar seminggu, maklum pemain baru. Makanya belakangan ini saya jarang memposting tulisan lantaran lagi sibuk belajar self hosting.

Masih banyak ilmu yang berkutat di self hosting wordpress ini, dan ilmu itu hanya sebagian kecil yang saya kuasai. Belajar self hosting ini saya mulai dari “localhost” dikomputer saya sendiri. Di sana saya mempelajari cara instalasi, install plug in, modifikasi tema dan bahkan mengedit script tema tersebut. Dengan kamuan dan kerja keras akhirnya saya berhasil memodifikasi tema yang saya inginkan. Tema tersebut adalah Premium Orange, dan saya modifikasi menjadi tampilan yang bisa anda lihat di http://isanrsk.co.cc .

Selain itu saya juga mengumpulkan beberapa tutorial tentang self hosting ini. Dari sanalah saya mulai mengetahui http://co.cc dan http://000webhost.com . Semua layanan ini dapat digunakan secara gratis tanpa berbayar. sebenarnya domain yang saya gunakan menggunakan subdomain dari co.cc. Keuntungannya menggunakan self hosting ini adalah :

  1. Penulisan alamat url blog yang kita bangun menjadi lebih ringkas tanpa ada “wordpress” nya.
  2. Kita bisa menggunakan javascript untuk widget yang akan ditampilkan.
  3. Banyak plugin yang bisa di andalkan dan bahkan optimalisasi yang lebih leluasa (semacam modifikasi, hehehe)
  4. Script php, css, dan javascript dari tema dapat dimodifikasi dengan syarat memiliki ilmu dalam bahasa ini, asalkan mau belajar pasti bisa.
  5. banyak lagi deh pokoknya.

Dan sekarang saya telah memiliki blog baru dengan domain yang telah saya sebutkan tersebut. Jika penget liat, kunjungi aj : http://isanrsk.co.cc . Well ayo belajar self hosting.. wassalam

Komentar»

1. Azzin - 28 Januari 2009

salam…
wah gmana ya caranya….
upload di theme di wordpress….dll tuh gmana ya caranya?
n buat di co.cc?

bikin tulisan donk tentang itu…
thanks..

isaninside - 28 Januari 2009

To : Azzin

Makasih sudah berkunjung, insyaallah saya akan bikin tutorialnya mas.. jika memungkinkan.. tapi cara pertama, cukup register dulu di http://co.cc dan http://000webhost.com, coba aja dulu

2. Panca - 29 Januari 2009

Akhirny jadi juga self-hosting y🙂

3. bocahbancar - 29 Januari 2009

Wah tambah ilmu tapi tambah puyeng juga yawh…

Salam Maz….

4. roumink - 30 Januari 2009

mantab bos….
teruslah berkarya….
^_^

sekalian berbagi dunk di AnakMudaIndonesia…
seeeeep…

isaninside - 31 Januari 2009

to : Joko

Iya neh mas, tambah pusing.. tapi dicicil aja jadinya bakal dapet juga smuana.. he22

5. fsiekonomi.multiply.com - 31 Januari 2009

a poem for gaza
(inspired by michael heart’s song for gaza and the continuing crimes on earth)

they (people suffered by cruel regimes) will not go down

a hurting crash of tons of weapons
lit up the sky over many corners of the world, often
people running or fighting
not knowing when the justice can be theirs

regimes came with their tanks, planes, ak 47, cold heart soldiers
with burning doctrines, blood sucking apologies
and almost nothing remains
just the voice fighting back in the smoky haze

they will not go down
nowadays without a fight
regimes can burn their places to pray and their homes and their schools
but their spirit will never die
they will not go down
in every conflicted corners of the world, nowadays

women and children alike
murdered and massacred almost anytime when regimes attack
but the so-called leaders of “good” countries afar
debated on who’s gonna be “richer” and “stronger”
but their powerless words were in vain
and the mass destruction weapons still being constructed

but through the tears, and the blood and the pain
we can still heart that voice through the smoky haze

they will not go down, in the night
without fighting back
regimes can burn their places to pray and their homes and their schools
but their spirit will never die
they will not go down
in every conflicted corners of the world, nowadays

ps: they love peace. they miss peace.

“we believe, someday (yes, someday) muslim and non muslims would live side by side with no fear and hatred. someday, the great beauty peaceful civilization would be exist again and bring rahmatan lil ‘alamin (blesses for entire universe)…”

6. fredricbernard - 14 Februari 2009

mas cara gabungkan co.cc dengan wordpress gimana trus kegunaan 000webhost.com apam

7. isaninside - 14 Februari 2009

To : fredricbernard
Co.CC digunakan untuk membuat domain kita. contoh : http://www.isanrsk.co.cc. ini baru sekedar domain, belum ada isinya. untuk aktifasinya kita harus menunggu. sampai ada pesan aktifnya. selanjutnya buka account di 000webhost. setelah akun ke buka maka pilih select domain dan klik create new. Nah akan kebuka form yang harus diisi. box pertama meminta kita inputkan domain, lalu inputkan aj domain tadi “www.isanrsk.co.cc”, diikuti mengisi form lainnya. tunggu 2 hari plg lambat dan jadi deh domain baru..tapi ini masih kosong. lalu 000webhost akan menyediakan layanan hosting data wordpress kita. Downloads aj master CMS WordPressnya di http://wordpress.org.. dan upload di File manager layanan 000webhost. coba itu dulu.

8. dionbarus - 3 Maret 2009

Hehe! Salam kenal mas isan, kenal dari forum WordPress.com. Saya juga sudah menyelesaikan proyek sampingan saya self hosted wordpress. Semuanya lancar dan terlaksana dengan baik, tapi blog baru gak pernah diurus lagi, terlalu banyak konsentrasi untuk menjalankan dua blog. Pusing. Yang penting udah bisa bikin dan modif blog sendiri.

Keren blognya!

9. bixs5 - 3 Juli 2010

assalamualaikum mas isan…..salam kenal sebelumnya mas.
saya pengguna baru di wordpress, ada yang saya mau tanyakan pada mas ihsan…..sebelumnya saya user pada blogspot.com lalu saya beralih ke wordpress.com karena waktu mendaftar di 000webhost, prosesnya lebih dari 24 jam lalu saya berasumsi bahwa 000webhost tidak dapat bekerja dengan blogspot dan akhirnya saya beralih mengunakan wordpress. yang menjadi pertanyaan saya adalah :
1. apa benar asumsi saya itu (000webhost tidak dapat bekerja dengan layanan blogspot) ???
2. alasan saya ingin memakai webhosting adalah saya ingin di blog saya mempunyai menu navigsi seperti web mas isan di atas dimana waktu kita menuju menu diatas (beranda, renungan islami, download, dll…) kita berada dengan url yg sama (www.blablabla.co.cc/blablabla/blabla/…..) itu bagaimana cara mengisi di htmlnya ??? alamat url mana yang kita taruh…..
mohon pencerahannya mas……….
sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terimakasih atas pencerahannya, semoga ini memperkuat tali silaturahmi sesama blogger…..(Reefky.Reds@gmail.com)

10. andryan87 - 18 Juli 2010

salam kenal, makasih atas infonya


Tinggalkan Balasan

