jump to navigation

Macromedia Flash 8 Professional 6 April 2009

Posted by isaninside in Opini, Tips & Trik.
Tags: ,
trackback

Macromedia Flash 8 merupakan sebuah aplikasi buatan Macromedia. Banyak aplikasi bermanfaat yang telah diciptakan Macromedia, sebut saja Dreamweaver, Flash, Director, Freehand, dan yang lain sebagainya.

Bagi seorang desainer multimedia, mungkin mereka mengenal dan bahkan menggunakan semua jenis software buatan macromedia ini. Dreamweaver digunakan untuk mendesain sebuah website, director dan flash dapat digunakan dalam perancangan perangkat lunak interaktif dengan navigasi dan desain yang sangat menarik.

Beberapa bulan yang lalu saya sempat menggunakan aplikasi macromedia Flash 8. Aplikasi ini saya gunakan dalam pembuatan CD Multimedia Interaktif. CD Multimedia Interaktif yang merupakan tugas utama dalam mata Kuliah CAI (Computer Assisted Instruction) atau dikenal dengan pengajaran berbantuan komputer.

CD Multimedia tersebut saya bangun dengan cara memodifikasi beberapa slide interaktif yang saya download di internet. Hasil download adalah file flash dengan ekstensi *.swf. File *.swf ini saya konversi menjadi fla dengan menggunakan sebuah software decompiler yaitu Sothink SWF Decompiler. Software ini bisa anda dapatkan di http://indowebster.com

Hasil konversi yang di dapat adalah sebuah file FLA yang akan dimodifikasi dengan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pro. Tidak gampang (jika tidak bekerja keras) untuk mengakali agar file hasil konversi tersebut dapat di ubah menjadi sebuah CD Multimedia Interaktif. Kesulitan sering terjadi ketika harus mengganti isi informasi asli menjadi infomasi yang sesuai dengan tugas CAI tersebut.

Setelaha mempelajari secara otodidak dan dibantu beberapa rekan (herman,edo, reza, isol, dan novi), akhirnya kami berhasil membuat sebuah CD Multimedia interaktif. Alhamdulillah CD Multimedia tersebut dihargai dengan Nilai A oleh dosen mata kuliah CAI kami.

Setelah meninjau lebih jauh mengenai aplikasi ini, ternyata ada beberapa hal penting  yang harus kita ketahui. Sebagai pandangan, menurut saya yang harus diperhatikan dalam belajar Macromedia Flash adalah penggunaan Layer, Frame, Movieclip, button, dan graphics, serta motion tween.

Layer digunakan sebagai wadah tempat bercokolnya banyak frame yang akan digunakan sebagai tempat diletakannya objek. Frame-frame ini akan digunakan dalam membuat animasi / transisi objek yang sesuai dengan keinginan. Dengan menempatkan kondisi awal dan diakhiri dengan kondisi tujuan, maka akan terjadi gerakan objek yang sesuai deng keinginan desainer, dengan bantuan Motin tween tentunya.

Movieclip digunakan untuk membungun sebuah animasi di dalam sebuah frame. Pilihan movieclip, button dan graphics dapat ditemukan dengan menggunakan tombol F8 pada keyboard.

Jika diuraikan lebih lanjut, materi penggunaan flash ini sangatlah banyak, termasuk penggunaan action script nantinya. Namun sebelum melangkah ke Action Script, ada baiknya mengenal fungsi istilah-istilah yang telah saya uraikan di atas.

Itulah sedikit pengalaman saya, ketika baru meraba penggunaan Macromedia Flash 8 ini. Well semoga informasi ini bisa bermanfaat. Isaninside2009

Komentar»

1. darmis - 6 April 2009

ikhsan ajari ibu dong bgmn posting di multiply

isaninside - 6 April 2009

to : Ibu Darmis..

Salam bu.. ktmu di dunia maya.. wah blog multiply saya juga pernah bikin, tapi belum dioptimalkan.. bahkan cara nulis pun saya ga tau bu.. mmm kalo mau, ibu optimalkan wordpress aj. Lebih banyak pilihan dan lebih baik tentunya…

2. ceri - 7 April 2009

assalam mu’alaikum san
keren san.
Dulu bapak coba flash 8 tapi pas dijalankan geraknya masih kaku san. apa beda flash 8 ama flash mx san.
terima kasih
wasalam

isaninside - 7 April 2009

To : Bpk Ceri

Wa’alaikum salam….Gerak kaku bisa jadi karena penggunaan frame rate /sekon-nya pak.. berbanding linier dengan keceptan gerak (hehehehe ingat fisika dulu). semkain tinggi nilainya semakin cepat geraknya… dan kita harus perpanjang penggunaan motion frame (frame yang ditandai dengan panah) agar gerakannya halus dan ga terlalu cepat.. Untuk mengganti nilainya dapat diliat di Modify > Documents. Kalo menurut saya sama saja Pak, yang membedakan ketika kita menggunakan action script.. karena tingkat kemampuan action script 8 lebih baik (advance) dan lebih banyak di banding MX. saya juga belum terlalu paham di action script🙂 . selain itu versi 8 lebih baru dari MX.. terimaksih banyak telah berkunjung pak…sangat senang rasanya bisa beromunikasi di blog ini bersama guru-guru yang pernah mengajar say di sekolah dulu.. well bapak termasuk guru terbaik bagi saya….. terima kasih…. semoga bermanfaat pak..

3. Ryka - 25 April 2009

Ass..
mas bisa tlng saya ngk…saya lagi uyusun skripsi judulnya pembuatan cd interaktif kumpulan doa sehari-hari untuk anak-anak menggunakan macromadi aflash 8..ada ngk referensi mengenai judul saya..terima kasih sebelumnya…
Wass….
help kirim :Rynanda_160485@yahoo.com

isaninside - 25 April 2009

To: Ryka

Saya ada contoh karya orang lain tentang belajar agama bagi anak-anak.. untuk tutorial saya hanya punya referensi mengenai dari ebook dan buku yang saya pelajari.. Untuk referensi yang berhubungan dengan pembuatan TA itu saya tidak punya.. tapi yang terpenting, susun dulu konsep dan rancangan yang akan dibuat, meliputi strukutur materi, urutan materi, jenis tampilan apakah ada Materi, soal atau kuisnya. seperti itu. untuk tutorial saya bisa bagi,, jika berminat

..

4. arief ajah - 27 April 2009

Assalamu’alaikum bang ihsan,,,terimakasih buat tutorialnya,sangat memberi inspirasi bagi saya…
buat perkenalan, saya Arief, masih Mahasiswa Elka UNP, silahkan lihat homepage saya di http://www.friendster.com/btxarief ( masih numpang bang )
Saya mendapat tugas dari dosen TKI ( Teknik Komputer Interaktif ), berupa membuat CD Interaktif, saya dapat di bilang gaptek tentang CD Interaktif bang, apa lagi pakai Macromedia Flashnya.
Jadi, saya mohon bimbingan abang, untuk menuntun saya mendisain CD Interaktif, jikalau abang g’ keberatan ( nanti saya bantuin ngangkatin lah bang (^_^) )…
Kalo boleh berbagi, Apakah abang tau situs yang menyidiakan template untuk Macromedia flash?
Trimakasih banyak ya bang…
Wassalam

isaninside - 27 April 2009

To : Arif.

Wa’alaikum salam,
Elka? angkatan brapa?Bnyak temen2nya yang mau blajar? abang bersedia membantu secara berkelompok.. nanti sama2 blajar aja membuatnya.. bisa abang bantu secara berkelompok dikampus… kalo iya hub abang.. kita sesuaikan waktunya.. kunjungi http://isaninside.net … domain baru abang. well, “Ngangkatin? what do U mean?”.

5. dilu - 7 Agustus 2009

assalamualaikum,, mas kalo cari animasi flash dari internet tuh gimana? maksutnya key word nya apa? lagi pengen nyari nih biar ga usah bikin sendiri.. hehehe

isaninside - 8 Agustus 2009

to : dilu

Walaikum salam….Ketikan aja file tulisan dengan ekstensi *.swf… contoh : Index.swf atau home.swf…. cara lain : gunakan settingan advance google… pilih file dengan ekstensi *.swf…. cobain aj… hmm kalo masih ga bisa komunikasikan lagi ya… thx sudah berkunjung…. Wassalam

6. iyan - 6 Desember 2009

Assalamualaikum,
salam kenal mas saya suka dikomputer tapi otodidak saya mau tanaya dan kalo ga keberatan tlg kasih tau sedikit cara pembuatan blog yang mudah dan orang suka mengunjunginya terima kasih.

salam Iyan

isaninside - 7 Desember 2009
7. iyan - 13 Desember 2009

Terimakasih, ga keberatankan kalo banyak tanya?

salam ,iyan

8. Asri Nurdayani - 14 Desember 2009

Assalamualaikum,

cuma satu kata yang bisa aku ucapkan,,, alhamdulillah akhirnya bisa ketemu juga ma orang yang pinter flash. Kak, boleh ndak as minta tolong?? tolong kirimin contoh macromedia flash yang udah jadi kak? as mau liat aja gmn macromedia flash itu.. coz as juga ru belajar. kirim ke fb as aja. atau misalnya kk ada situsnya, kasih tau situsnya apa, biar nanti as ambil sendiri. ni lagi sambil nyari juga, ta ga ketemu-temu..

syukron jiddan kak.

isaninside - 15 Desember 2009

To : Asri :

Wa’alaikum salam
Asri coba liat di-link berikut ini.. Kamu bisa downloads langsung salah satu tampilan CD Multimedia hasil karya saya..
http://isaninside.net/downloads

Oiya, sebenarnya saya sudah punya domain sendiri.. Kunjungi aja http://isaninside.net.. Makasih banyak telah berkunjung.. Salam.. Syukron…

isaninside - 15 Desember 2009

To : Iyan

Wah dengan senang hati, saya akan menjawab sebisa saya.. mudah2an bermanfaat…

9. faiz - 10 Januari 2010

Assalamu alaikum,,
salam kenal,,
mas ,problem q sama dengan mb ryka,yaitu mau nyusun skripsi,tentang media pembelajaran yaitu cd interaktif pembelajaran PAI di smp.
tlong ya mas,,,,
trimakasih

10. cleopit - 10 Oktober 2011

mas cara membuat aplikasi key interaktif yng dapat manmpilkan hasil dari gerakan k dalam text field gmna ya… kita menggerakkan nya menggunkan keyboard bukan mouse..thank..
Q tunggu jwaban di serzjisal@yahoo.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: